RSS

Monday, April 20, 2009

Ayam Goreng Lengkuas

Akhirnya udah nggak ada yang bisa di copy-paste dari blog saya yang lain, jadi saya ambil resep yang pernah saya coba dan saya foto tapi belum dipublish. Resep ini saya contek dari website ini dengan beberapa perubahan.

Resep ini mungkin resep Ayam "beneran" yang pertama saya buat setelah menikah. Maksudnya "beneran" itu, saya beneran nyari resep dan bahannya. Di sini susah cari bumbu Indonesia, jadi kalau kepengen masakan Indonesia musti pesan bumbu dari toko Indonesia atau pergi langsung ke tokonya.

Ingredients:
Bahan:
1 ekor ayam
1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya
Air untuk merebus ayam secukupnya

Bumbu:
1 batang serai
3 atau 4 cm lengkuas, parut (untuk 'kremes'-an, jadi jumlahnya disesuaikan keinginan)
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
garam secukupnya
1/2 sdm cuka

Haluskan:
1 cm kunyit
3 butir kemiri
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah

Directions:

  1. Bubuhi ayam yang telah dipotong dengan air jeruk nipis, lalu diamkan 15 menitan.
  2. Campur bumbu dan bumbu halus dengan ayam, lalu diamkan 30 menitan.
  3. Masukkan campuran ayam ke dalam panci, tambahkan air, lalu aduk sampai air mendidih dan ayam empuk. Setelah matang, pisahkan bumbu dan ayam.
  4. Goreng ayam, lalu goreng bumbu secara terpisah.
  5. Sajikan ayam dengan ditaburi bumbu bersama lalapan atau sambal terasi.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih komentarnya ^_^

Related Post

Related Posts with Thumbnails